TRUCUK_Tahun anggaran 2016 telah selesai di laksanakan, Dalam rangka tertib administrasi penyaluran tranfer Dana ke Desa, Pemerintah Kabupaten Bojonegoro melakukan Monitoring dan Evaluasi keseluruh Desa se-Kecamatan Trucuk, Jum’at 13/01/2017 Pukul 09:00 WIB. Bertempat di Kantor Kecamatan Trucuk.

Tim Fasilitasi Kabupaten Bojonegoro yang terdiri dari Dinas PMD, Bag. Pemerintahan, Dan BAPEDA tersebut  memeriksa satu per satu Desa secara terpisah.  Pada kesempatan itu seluruh Kepala Desa , Sekertaris Desa, Bendahara Desa, Dan Tim pelaksana kegiatan diperiksa dan ditanyakan semua yang terkait dengan tranfer Dana Ke Desa antara lain Alokasi Dana Desa, Dana Desa, Bagi Hasil Pajak Daerah, Dan Bagi Hasil retribusi Daerah tahun 2016.

Adapun Monitoring dan Evaluasi dari tim Kabupaten Bojonegoro kali ini difokuskan 4 poin Antara lain:

  1. kondisi keuangan dana tranfer dengan menunjukkan bukti-bukti diantaranya Buku Kas Desa, Buku Rekening Bank dan Fisik uang  tunai apabila ada kelebihan saldo dana yang belum di kembalikan  kerekening kas Desa.
  2. Administrasi Pertanggungjawaban berupa SK Kepala Desa yang terkait pemberian Honorarium, Bukti transaksi, SPP dan SPM, Surat perjanjian, Daftar hadir kegiatan, Bukti setoran Pajak, Dan dokumen pertanggungjawaban lainnya.
  3. Pelaksanaan Faktual kegiatan, agar disiapkan dokumentasi kegiatan fisik maupun non fisik, sedangkan kegiatan fisik di lengkapi dengan menunjukan kondis photo 0%, 50%, Dan 100% serta papan informasi proyek.
  4. Open Government Partnership di tingkat Desa, Juga disiapkan bukti dokumentasi pemasangan papan informasi keuangan Desa. Dalam hal ini pemasangan papan informasi yang terkait keuangan Dana Tranfer Desa dipasang di tempat keramaian, ataupun di tempat-tempat yang mudah terlihat oleh masyarakat.

Selesai pemeriksaan surat pertanggungjawaban di kecamatan selanjutnya Tim dari Kabupaten Bojonegoro melakukan survey ke Desa untuk melihat sejauh mana tentang keterbukaan informasi publik khususnya  Dana Tranfer ke Desa.


By Admin
Dibuat tanggal 16-01-2017
326 Dilihat