TRUCUK_Anggota Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Bojonegoro melakukan evakuasi sarang tawo jenis Vespa Affinis di atap rumah warga di Desa Pagerwesi Kecamatan Trucuk pada, Minggu malam 18/04/2021.

Keberadaan sarang Tawon tersebuut sangat meresahkan pemilik rumah dan warga sekitar, lantaran Tawon Ndan (Vespa Affinis) sering mengganggu warga, hingga warga meloprkan keberadaan sarang tawon Pemdes Pagerwesi.

Subagiyo Kepala Desa  menuturkan "Warga resah dan meberitahukan pada kami adanya sarang tawon di rumah Pak Sahudin salah satu warga Desa Pagerwesi yang sering mengganggu warga pada siang hari, kemudian kami minta bantuan Damkar untuk mengevakuasi sarang tawon Ndas tersebu agar tidak mengganggu warga lagi.

Lilik Budi (anggota Damkar) mengatakan"Evakuasi sarang tawon harus dilakukan pada malam hari disaat tawon berada di sarangnya, proses evakuasi sarang tawon kami lakukan dengan  pengasapan (pembakaran) juga tak lupa menggunakan Alat Pelindung Diri (APD)."

"Walaupun lokasi sempit dan tinggi berada di atap rumah alhamdulillah proses evakuasi berhasil dan lancar" Pungkasnya.

Tawon Ndas atau yang di Vespa Afiinis ini bukanlah tawon madu melainkan tawon predator, Tawon ini sangat berbahaya bisa mengejar dan menyerang orang dengan sengatan yang sangat menyakitkan.

Dihimbau kepada masyarakat bila mengetahui sarang Tawon jenis Vespa Affinis ini untuk segera menghubungi Damkar untuk dilakukan penangana agar tidak ada korban jiwa dari serangan tawo.(AKT)

 

https://trucuk.bojonegorokab.go.id/

https://www.instagram.com/kecamatantrucuk/

 


By Admin
Dibuat tanggal 19-04-2021
261 Dilihat