TRUCUK_ Guna peningkatkan ekonomi keluarga sejahtera dan mamdiri, Penyuluhan  Lapangan Keluarga Berencana (PLKB) Kecamatan Trucuk Kabupaten Bojonegoro laksanakan pembinaan pembuatan  MOL Buah dari PPL pada, Selasa 25/05/2021

Pertemuan kader PPKBD dan SUBPPKBD dilaksanakan di Balai Desa Pagerwesi selain materi Keluarga Berencana (KB) juga disampaikan cara membuat Mikroorganisme Lokal (MOL) Buah pupuk organik padat maupun cair yang menghadirkan narasumber dari Penyuluh Pertanian Kecamatan Trucuk.

Umi Kulsum, SP (PPL) menyampaikan "Pembuatan pupuk Mikroorganisme Loka (MOL) baik padat dan cair sangat mudah, gampang, dan murah"

"Bahan dasar fermentasi larutan MOL bisa didapat dari hasil pertanian, perkebunan, maupun dari limbah organik rumah tangga, sedangkan karbohidrat dapat diperoleh dri limbah organik seperti air cuvian beras, singkong, gandum dll" Jelasnya.

Lanjutnya "pengomposan MOL  berfungsi sebagai dekomposer, pupuk organik, Zat Perangsang Tumbuhan (ZPT), MOL juga sebagai pengurai unsur Ha dalam tanah yang dapat diserap akar tanama"

"Mikroorganisme Lokal (MOL) Buah ini sangat efektif sebagai alternatif pupuk organik cair maupun padat yang Murah dan ramah lingkungan" pungkasnya.

Wilantini, SH ( Kordinator Penyuluh KB ) saat ditemui mengatakan "pembinaan IMP ini untuk evaluasi pendataan keluarga 2021 (PK21) segera diselesaikan"

"Pembinaan dan evaluasi ini untuk persiapan monitoring palayanan KB Implan dan IUD dari DP3AKB Kabupaten Bojonegoro yang rencana dilaksanakan bulan juni nanti" Terangnya.

"Selain itu Institusi Masyarakat Pedesaan (IMP) juga diberikan ilmu dibidang lain seperti pembuatan pupuk kompos organik agar sampah organik rumah tangga bisa di manfaatkan dengan baik" pungkasnya.

Institut Masyarakat Pedesaan (IMP) diharapannya  dapat mengembangkan Ilmu dibidang lain guna peningkatan Ekonomi keluarga, dalam mewujudkan keluarga bahagia, sejahtera, dan mandiri. (AKT)


By Admin
Dibuat tanggal 25-05-2021
28 Dilihat