TRUCUK_Bojonegoro. Balai Penyuluhan KB    Kecamatan Trucuk Kabupaten Bojonegoro melaksanakan Penyuluhan KB yang difokuskan Untuk Bumil KEK (Kekurangan Energi Kronis) dan Anemia pada, Selasa 21/06/2022. 
 
Sebanyak 40 Bumil mengikuti pertemuan penyuluhan tersebut yang dilaksanakan di Pendopo Kantor Kecamatan Trucuk. 
 
Kegiatan yang dihadiri narasumber dr. Aksita (Ka. Puskesmas) menyampaikan "KEK atau Kekurangan Energi Kronik adalah keadaan dimana remaja putri/wanita mengalami kekurangan gizi (kalori dan protein) yang berlangsung lama atau menahun. Seseorang dikatakan menderita resiko KEK bilamana ukuran LiLA (Lingkar Lengan Atas) < 23,5 cm"
 
"Dampak KEK pada Ibu dan Janin antaranya Anemia, Pendarahan, Produksi ASI terhambat, Berat bayi lahir rendah (BBLR), Keguguran, Bayi lahir meninggal" Lanjutnya. 
 
"KEK ini  bisa dicegah dengan makan - makanan yang bergizi dan beragam, hidup bersih dan sehat, rutin pemeriksaan kehamilan" 
 
"Faktor penyebab asupan makanan yang kurang, usia ibu hamil, aktivitas, pengetahuan ibu, dan perawatan kehamilan" Pungkasnya. 
 
Wilantini, SH (Koordinator Penyuluh KB  Kec. Trucuk) mengatakan "Kegiatan Penyuluhan KB ini adalah program dari Dinas P3AKB dan BKKBN" 
 
"Kegiatan ini sangat penting untuk Bumil untuk menambah pengetahuan meningkatkan dan menjaga kesehatan diri dan Bayi selama mengandung" 
 
"Program ini bertujuan untuk Menekan Angka Kematian Ibu .(AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB)dan prevalensi Stunting di Kecamatan Trucuk serta meningkatkan kesertaan ber-KB paska persalinan"(AKT)

By Admin
Dibuat tanggal 21-06-2022
186 Dilihat