TRUCUK_UPT Dinkes Puskesmas Trucuk laksanakan Pengukuran Kebugaran Jasmanni Lintas Sektor di Wilayah Kerja Puskesmas Trucuk pada, Jum'at 01/07/2022

Kegiatan pengukuran kebugaran jasmani yang dilaksanakan di halaman Kantor Kecamatan Trucuk dipimpin langsung oleh dr. Aksita (Kepala Puskesmas)

Kegiatan diawali dengan pemerikasaan, TB, BB, Tekana Darah, Suhu Badan, Nadi, Sp02, Pemeriksaan Gula Darah, serta pengukuran lingkar perut, dan selanjutnya dilakukan peregangan otot (pemanasan) sebelum  lari kecil dengan jarak 1,5 KM.

dr. Aksita (Kepala Puskesmas) saat ditemui mengatakan "Tes kebugaran adalah elemen dasar untuk menilai ketahanan dan kekuatan fisik seseorang. Melakukan  tes kebugaran sangant baik menilai sekaligis meningkatkan kinerja jantung, paru-paru dan otot"

"Selain itu juga dapat diartikan sebagai tes daya tahan kardiorespirasi, tes kekuatan danfleksibilitas otot. Untuk itu tes kebugaran ini dapat dijadikan faktor yang dapat menentukan derajat kesehatan seseorang" Tegasnya.

"Tes kebugaran jasmani dilakukan dengan metode Rockport yaitu lari kecil sejauh 1,5 KM, metode ini dipilih karena memiliki beberapa keunggulan antara lain mudah dilakukan" Trangnya.

"Tidak memerlukan alat khusus, aman bagi orang dengan resiko penyakit, dapat dilakukan secara individu maupun kelompok serta dilakukan sesuai kemampuan" Pungkasnya.

Dian Rokhmawati I, S.STP,MM (Camat) menyampaikan "Terima kasih kepada Dinkes Puskesmas yang telah memeriksa kebugaran jasmani kita semua pada pagi ini"

"Dengan kegiatan seperti ini kita bisa mengukur serta mengetahui tingkat kesehatan kita masing - masing, saya berharap kegiatan seperti ini bisa dilakukan terus di instansi instansi lain diwilayah kerja Puskesmas Trucuk" Pungkasnya.

Tes kebugaran bagi PNS/ASN ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kebugaran jantung dan paru individu berdasarkan jenis kelamin dan kelompok umur, pelayanan konseling dan pemberian terapi bagi ASN di lingkup Kecamatan Trucuk. (AKT)


By Admin
Dibuat tanggal 02-07-2022
222 Dilihat