TRUCUK_Bojonegoro. SMKN 1 Trucuk Kecamatan Trucuk-Bojonegoro Gelar Bazar dan Karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan Tema Kearifan Lokal “Mewadahi Kreatifitas, Menyeberangkan dan Mewujudkan Impian” yang dilaksanakan di pada, Kamis 23/02/2023

Kegiatan yang dilaksanakandi SMKN Trucuk tampak hadir Agung Kasubag Cabdin Pendidiikan Provinsi Jawa timur, Muspika Trucuk, Tri Erni Hidayah, S.Pd, M.Pd Kepala SMKN Trucuk, Dr. Aksita Kepala Puskesmas Trucuk, Kasek SMPN Trucuk, Kasek MTs, Soehirman Kades Sumberejo. Wali Murid, Komite, dan Siswa siswi SMKN Trucuk

Tri Erni Hudaya S.Pd, M.Pd Kasek SMKN Trucuk pada sambutannya menyampaikan “Alhamdulillah SMKN Trucuk menyelenggarakan  projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila sebagai implemantasi kurikulum merdeka yang sudah diterapkan oleh SMKN Trucuk Bojonegoro tahun pembelajaran 2022-2023”

“Kegiatan ini merupakan kegiatan dari puncak aksi nyata praktek dari pembelajaran P5 yaitu projek Penguatan Profil Pelajar Pancasilayang sudah melalui tahapan dan proses yang pertama, semua yang terlibat dalam acara ini mulai awal hingga akhir acara nanti adalah anak-anak Kls X  karena kurikulum merdeka baru dilaksanakan di KLS X”. Terangnya.

“Anak yang tampil hari ini bukan anak yang sudah punya bakat dari awal kemudia ditampilkan hari ini, akan tetapi memulai dari awal proses pengenalan  pemahaman sehingga menggunakan empat prinsip P5 yaitu Holistik, aktualisasi, berpihak kepada murid, ekplorasi” Lanjytnya.

Masih Erni “Semua pameran unggulan prodak dan bazar hari ini merupakan perwujudan dari pembelajaran wirausaha yang sudah ditempuh dalam satu tahun ini dengan tema kearifan lokal,  dengan tema tersebut kami tekankan kepada siswa agar mengerti dan menghargai sejarah kemudian bisa dan mampu untuk nguri-nguri apa yang sudah kita miliki,”

“Alhamdulillah kita sudah dapat menciptakan sabun cuci piring dan hari ini kita sudah produksi yang ke 7 (tujuh) kalinya” Pungkasnya.

Dalam acara yang sama Agung cabdin Pendididkan provinsi Jawa Timur mengatakan “P5 merupakan implementasi kurikulum merdeka yang dimulai tahun pembelajaran 2022-2023, Alhamdulillah SMKN Trucuk sudah menerapkan  di tahun pertama di launching kurikulum merdeka dan SMKN Trucuk termasuk yang pertam”

Mash Agung “Apresiasi yang luar biasa bagi SMKN Trucuk, perkembangan perjalanan implementasi kurikulum merdeka ini salah satu wujutnya adalah gelar karya yang kita lihat hari ini yang dihasilkan siswa siswi sendiri”

“Output SMK nanti diharapkan disamping anak itu bekerja juga bisa melanjutkan keperguruan tinggi dengan berwira usaha, lulusan SMK punya keistimewaan selain dibekali untuk bekerja anak-anak juga dibekali kurikulum untuk meneruskan keperguruan tinggi” Terangnya.

“Saya berpesan, selain anak-anak menghasilkan prodak, anak-anak juga dilatih untuk memasarkan prodaknya sehingga nanti anak-anak yang tidak bekerja atau tidak melanjutkan minimal  bisa berwirausaha, sehingga lulusan SMK bisa bermanfaat di lingkungan atau di daerahnya” Pungkasnya.

Selain memamerkan produk hasil siswa siswi juga menampilan berupa Puisi, Drama, Jingle, Akustik, Stand Up Comedy, Story Talling dan karya poster serta pameran dari seluruh jurusan di SMKN Trucuk yang merupakan karya murni dari siswa SMKN Trucuk, pada kesempatan ini Tri Erni Hudaya selaku Kasek juga melaunching mars SMKN Trucuk yang lirik lagunya diciptakan sendiri dan didedikasikan untuk SMKN Trucuk.

Diharapkan dengan kegiatan P5 ini selain akademisnya juga bisa menumbuhkan jiwa kewirausahaan, serta bisa memahami dan menerapkan nilai pendidikan pancasila yang telah ditanamkan, sehingga bisa menjadi pelajar dengan profil pancasila sejati. (AKT)


By Admin
Dibuat tanggal 24-02-2023
174 Dilihat