TRUCUK_Program Pemerintah Kabupaten Bojonegoro Open Defication Free (ODF) atau bebas buang air besar sembarangan, Di Kecamatan Trucuk bertambah 3 (tiga) Desa yang sudah ODF yaitu Desa Guyangan, Pagerwesi, Dan Desa Padang Rabu 12 April 2017.

Ketiga Desa tersebut di nyatakan Desa ODF oleh Tim Verifikas dari Dinas Kesehatan Kabupaten Bojonegoro setelah tim melakukan pemeriksan Administrasi, Kunjungan ke Rumah-rumah penduduk dan pengamatan lingkungan sekitar.

Dari tiga Desa itu, Desa Guyangan di nyatakan Desa ODF ke 230, Pagerwesi  ODF ke 231, Dan Desa Padang Ke 232. Dengan bertambahnya tiga Desa yang lolos dari Tim Verifikasi tersebut, Maka Desa ODF di Kecamatan Trucuk berjumlah 7 Desa yang sudah ODF dari 12 Desa se Kecamatan Trucuk.

Desa dapat dinyatakan sebagai Desa  ODF jika warganya memiliki jamban 95% dari Kepala Keluarga/KK dan 100% memiliki akses ke jamban, artinya Warga yang tidak memiliki jamban sendiri dapat numpang jamban pada keluarga lain, atau tidak ada warga yang melakukan buang air besar di sembarang tempat seperti di sungai, pekarangan, atau di tempat yang tidak semestinya.”

Camat Trucuk Drs. Moch. Tarom saat dikonfirmasi mengatakan bertambahnya  3 Desa yang sudah ODF ini di harapkan akan menjadi motivasi bagi Desa yang masih OD agar segera mempercepat dan penyelesaiannya menjadi Desa ODF, Di harapkan di tahun 2018 mendatang Kecamatan Trucuk sudah 100% ODF"Lanjutnya"(Akt)


By Admin
Dibuat tanggal 28-04-2017
388 Dilihat